• Posted by : Ubaidillah Al-Idist Monday, February 25, 2013

    Postingan kali ini bermula dari masalah yang ane hadapi, sekitar 1 minggu yang lalu ane menginstall OS Windows 8 di laptop ane. Awalnya memang berjalan lancar dan nyaman sampai akhirnya laptop ane mengalami blank/black screen. Blank/black screen ini adalah keadaan dimana laptop/PC (Windows 8) pada saat start up hanya menampilkan layar hitam dan hanya kursor mouse saja yang ada. Awalnya pas laptop ane mengalami blank screen, ane pikir laptop ane yang bermasalah atau tidak cocok dengan Windows 8. Tapi setelah ane cari-cari lagi masalahnya, ternyata bukan dari laptop yang tidak support. Nah, berikut ini ane jelaskan Cara Mengatasi Blank/Black Screen Windows 8:
    1. Pertama, coba anda lihat antivirus yang anda gunakan. Jika anda menggunakan Avast Antivirus, maka itulah penyebabnya. Kenapa bisa seperti itu?? Hal itu disebabkan karena Avast belum mengeluarkan versi yang support dengan Windows 8. Solusinya?? Ada 2 alternatif solusi yang bisa anda gunakan, yang pertama adalah uninstall Avast anda kemudian ganti dengan antivirus yang lain, misalnya BitDefender, McAvee, ESET Nod Smart Security, atau yang lain yang support. Alternatif solusi yang kedua adalah matikan start up Avast di laptop/komputer anda. Caranya, buka Task Manager kemudian pilih Tab Start Up, klik kanan pada Avast dan pilih Disable.
    2. Penyebab blank screen yang kedua adalah Activator Windows 8 yang anda gunakan tidak cocok atau bermasalah, coba gunakan aktivator berikut ini, DOWNLOAD AKTIVATOR WINDOWS 8.
    3. Penyebab yang ketiga adalah karena Windowsnya diberi password, silahkan hapus password yang anda buat.
    4. Kalau ketiga cara tersebut sudah dilakukan tapi masih terjadi blank screen, saran ane silahkan ganti OS Windows 8 anda.

    NB: "Ini berdasarkan pengalaman pribadi dan pengalaman dari teman-teman ane"

    Semoga bermanfaat ^^
    Pengunjung dan pembaca yang baik selalu meninggalkan jejaknya dengan berkomentar
    Bagi yang mau copas tolong sertakan sumber link dari blog ini
    Terima kasih ^^

    { 69 comments... read them below or Comment }

    1. kalo yg pertama (avast) itu bener bgt.
      tp msalahnya lepi ane bner2 gk bisa msuk ke windows (cuma item terus), ane tunggu smpe hampir kiamat juga gk bisa2.
      yaudah ane reset deh tu windos8

      ReplyDelete
    2. Kalau udah masuk ke Windows 8 trus tampilannya hitam silahkan pencet Ctrl+Alt+Del, trus pilih restart, 75% kemungkinan bakalan masuk ke Windowsnya. Kalau agan pake password buat log in ke windowsnya, mending hapus passwordnya. Punya teman ane pas passwordnya dihapus langsung normal. Btw laptop agan spesifikasinya seperti apa? Sudah memenuhi kriteria minimal buat windows 8??

      ReplyDelete
    3. gw juga install 3x ngalamin windows 8 blank. mungkin ada driver yg gk support. akhirnya ganti windows 7 lg.

      ReplyDelete
    4. Kalau masalah driver ane belum pernah menemukan kasusnya karena dari Win8 sendiri sudah autosupport untuk driver, coba agan cek lagi spesifikasi laptopnya, sudah memenuhi kreiterian minimal atau belum? kemudian masalah antivirus. Avast! Antivirus belum support untuk Win8. Cek saja tentang tulisan ane di atas, lihat penyebab2 blank screen yang ane tulis di atas

      ReplyDelete
    5. kalau baru instal windows 8 sering muncul MALWARE DETECTED pd windows defender. stlh direstart jd blank.

      ReplyDelete
    6. dan kalau sdh blank screen, gk bsa diapa apain. masuk ke safe mode tetep blank. direpair gk bsa. msuk ke task manager gk muncul.

      ReplyDelete
    7. Nah, sekarang cb dilihat MALWARE tersebut lokasinya dimana?? di Local Disk C, D, atau yang lainnya??. Kalau ada di Local Disk C sebaiknya agan ganti installer Windows 8nya krn itu jelas sudah terinfeksi oleh MALWARE, tapi jika ada di D atau E sebaiknya sebelum melakukan install Win 8, Laptop agan discan terlebih dahulu.

      Oiya kalau boleh tau spesifikasi perangkat yang agan gunakan seperti apa?

      ReplyDelete
    8. kalo udah pake password terus gmana cara reset passnya ?? kan yang terlihat cuman blank aja

      ReplyDelete
    9. @deza pradana: Tekan tombol Ctrl+Alt+Del trus restart, nah pas mau hidup lagi silahkan tekan dan tahan F8 untuk masuk ke Safe Mode (tergantung laptop/PC yang digunakan), trus install lagi Key Generator yg ane kasih

      ReplyDelete
    10. Yang nomor 1 udah saya alami. Tapi dengan cara menghapus secara manual folder Alwil Sofware yang ada di c:\program files,, semua jadi lancar kembali...terlebih dahulu matikan dulu program avast di task manager kemudian baru di delete. Ato kalo gak bisa juga,, hapus menggunakan virtual windows seperti WinPE, MiniXP, dll

      ReplyDelete
    11. Gan cara hapus password gimana ya?

      ReplyDelete
    12. @Haris Risaldi: Jalankan CMD dengan Run Administrator, trus ketikkan slmgr.vbs /upk, CMD akan menjalankan tugasnya untuk menghapus serial numbernya, tunggu aja dulu. Kalo prosesnya udah selesai trus restart aja PC/Laptopnya

      ReplyDelete
    13. sama persis sama yang ane alamin, tapi ko yg ane ga bisa buka task manager ya ?? masa harus instal ulan lagi? tolong dong bantuannya.... :(

      ReplyDelete
    14. @Anonymous: Pertamanya saya juga mengalami hal serupa, ketika membuka task manager loadingnya lama trus not-responding, pas ane utak-atik, ternyata yg bermasalah adalah dari installer OSnya (maklum OS bajakan), jadi ane cari lagi dan install yang baru lagi. Trus antivirus ane pake ESET Nod32, tapi ane sarankan pake Bit-Defender aja

      ReplyDelete
    15. Klo lepy sya penyebabnya skin pack . Tpi stlh sya uninstal ttp sma ajha

      ReplyDelete
    16. @jarot ajiwibowo gusman: Kalo skinpack, ketika agan uninstall tuh skinpack tidak bakalan semua datanya terhapus, terutama yg ada di dalam data registry, ane sudah pengalaman pake skinpack, harus dihapus semuanya gan sampe ke-akar2nya

      ReplyDelete
    17. klo punya saya gan... memang blank seperti agan maksud...
      itu setelah sya instal dll fix gan,gmna tuh gan.
      pdhal ane gg mkek avast ato pasword lapy ane..tp kok blank ya
      apa krena dll fix itu ye??
      n klo ane gnti start menu 7 itu kmbali normal windows nya,
      cman start metro ui nya gag nyala..
      gimana nih gan

      ReplyDelete
    18. Thanks gan ats saranya .. Lepy ane ... Kmbali normal ...

      ReplyDelete
    19. Thanks gan ats saranya .. Lepy ane ... Kmbali normal ...

      ReplyDelete
    20. @uciha faru: Setau ane,kalau DLL FIX itu kan digunakan buat mengembalikan file *.dll yang missing atau memperbaiki file *.dll yang error, nah dilihat dari fungsinya pasti software tsb bakalan masuk k dalam Windows System dan mengobok2 yg namanya file *.dll, takutnya pas proses dilakukan ada file *.dll penting yg kena rubah. Ane sarankan software dihapus saja, trus restore Windows Systemnya

      ReplyDelete
    21. oh iya gan.
      matur suwun udah kasih saran yang bagus
      ^_^

      ReplyDelete
    22. qu udah restar tpi nga bisa jga.gimana nih..
      qu pake aspire V5

      ReplyDelete
    23. Sangat bermanfaat.... Matur Tengkyu

      ReplyDelete
    24. Bos kalo cara menghapus aktivator yang lama gimana?
      soalnya ane mau instal aktivator punya agan

      ReplyDelete
    25. @Anonymous: Caranya: Jalankan CMD dengan Run Administrator, trus ketikkan slmgr.vbs /upk, CMD akan menjalankan tugasnya untuk menghapus serial numbernya, tunggu aja dulu. Kalo prosesnya udah selesai trus restart aja PC/Laptopnya. Trus coba install crack yang di atas. Semoga berhasil gan.

      ReplyDelete
    26. task manager ane ga bs muncul gan... trus gimana ya?

      ReplyDelete
    27. Task managernya ga bs muncul nih gan.. Gimana solusinya?
      Waktu diklik ke tutup lg taskmanagernya, tolong solusinya

      ReplyDelete
    28. pesswod nya dah di apus tpi kok ndak muncul2..ia

      ReplyDelete
    29. @Anak mami dan Nia Chandra: Maaf lama balasnya, lagi sibuk sama urusan kuliah >.<
      Hal macam tu juga pernah terjadi di laptop ane, tapi akhirnya normal ndiri pas udah ane benerin tuh yg masalah blank screen. Itu muncul sbg efek dari blank screennya gan.

      ReplyDelete
    30. layarnya yd tidak muncul gan,
      hanya layar hitam teruss yg muncul

      ReplyDelete
    31. Apa indikasi penyebabnya udah bukan yang di atas lagi gan? Kalau masih ada, silahkan cek tulisan di atas dulu

      ReplyDelete
    32. gan, Q mau nanya masalah lain.
      bagaimanaa sich cara membuat seperti kamu gan...???

      ReplyDelete
    33. maaf gan, maksud saya membuat blog seperti kamu gan??

      ReplyDelete
    34. @irwan syah: Gampang aja gan, cari tulisan atau ide-ide yang bisa agan tulis setiap waktunya. Misalkan isi blog ane ini, kebanyakan itu berdasarkan pengalaman ane sendiri, spt postingan ini, postingan ini kan berawal dari hal yg menimpa laptop ane sendiri gan. Nah, pengalaman yg pernah ane dapatkan ane tulis aja gan, berhubung blog ini Seputar Ilmu Komputer jadi ane berbagi pengalaman ttg ilmu komputer. Selain itu bnyk2 baca referensi gan

      ReplyDelete
    35. mantap gan infonya

      ReplyDelete
    36. gan laptop saya ngblank nih, mau ke taks manager aja gak bisa trus harus kaya gimana??

      ReplyDelete
    37. @Irwan Sofyan: Indikasi sebelum blank apa gan? Apa ada dari salah satu dari yg di atas?

      ReplyDelete
    38. gan laptop saya ngeblank, awalnya tuh pas saya install windows 8 lancar-lancar trus saya masukin office 2013 bisa, bikin tombol start di windows 8 juga bisa, trus install avast ga masalah, window 8nya udah di activation gan, nah yg belom di activation tuh office 2013, saya mau aktivasi pake KMS Spico, saya baca instructionnya start sceen harus di disable dulu, saya ketik services.msc di taskbar, belom sempet saya disable start screen, ehh laptop saya tiba2 mati sendri (batere masih ada) trus saya nyalain lagi abis login, masukin password ngeblank layarnya cuma ada cursor, saya ctrl+alt+delete bisa kebuka, saya restart gabisa, harus restartnya mencet tombol yg di laptop, trus abis ke restart, abis login,masukin pasword masih blank, saya ctrl+alt+delete lagi saya klik task manager, windows task managernya muncul tapi pilihan menuya ga ada (munculnya juga sebentar), trus tiba2 taskmanager ilang, dicoba beberapa kali juga gabisa, blank mulu, kasih solusi dong gan, tolong gan, makasih atas waktu agan

      ReplyDelete
    39. oh iya windows 8 ane widows 8 pro build 9200

      ReplyDelete
    40. @muhammad haikal: Itu masalahnya dari KMSnya gan, kalo pake KMS emang efeknya gitu gan cz KMS itu masukin file *.dll baru ke dalam system32nya. Mending diuninstall trus hapus registrinya+akar2nya gan

      ReplyDelete
    41. ok gan thx infonya, sebenernya ane reinstall lagi windows 8nya maaf ya gan, karena mungkin agan sibuk urusan kuuliah. makasih gan ane juga suka ngecrack software wkwkw :P

      ReplyDelete
    42. kapan2 kita ngobrol lagi, agan punya account line?, kalo punya kasih tau ane biar bisa ngobrol2 hehehe, kirim ke email ya muhammadhaikalazmi@yahoo.com

      ReplyDelete
    43. Alhamdulilah, sangat membantu kawan :-) makasih banyak bro, makasih makasih !! :-)

      ReplyDelete
    44. Alhamdulillah nemu caranya, saya punya adek kemudian sy kasih activator nah mungkin karena aktifator dia blank. mas? bisa sebut poin2 yang penting (anggapkan sekarang laptop sudah blank) apa yang pertama dst saya lakukan

      ReplyDelete
    45. Kira2 Kaspersky itu supor gak yang sama OS windows 8?

      ReplyDelete
    46. gan enak pakai yang asli, tidak ribet

      ReplyDelete
    47. numpang tanya gan, saya masih belum jelas dengan yang di atas pengalaman saya, kan pake pc lenovo yang dari sana nya dah win8, pertama saya instal idm sama adobe flash kemudian antivirus avast waktu mau restart layar tiba2 ungu berkedip2 terus saya matiin manual pas di coba lagi langsung start up muncul terus saya masukin pasword loading jd lama terus layar jadi blank hitam cuma ada cursor mos, saya masuk ke sistem safe mode nya terus ke trableshout advence sytem restor sama seperti diatas next sekali tp langsung muncul finis bukan restart kemudian matiin manual lg nyoba yang dia atas masih tetep black screnn mohan sarannya gan dah bingung. terimaksih sebelumnya

      ReplyDelete
    48. Gan aq juga prnah mslah serupa dgn agan. Wktu bootscreen aq muncul. Layar jadi blank. Itu krna aq habis instal skin pack.
      Jadi gmna ya gan cara menyelesaikannya . . .
      Mohon bantuan gan

      ReplyDelete
    49. @haswan: Silahkan masuk ke Windowsnya dalam safe mode dengan tekan F8 kemudian hapus serial keynya. Atau silahkan tekan CTRL+ALT+DEL pas waktu layarnya udah hitam gitu nanti bakalan masuk ke dalam task managernya, kemungkinan berhasil 75%. Kalo udah di task manager, silahkan buka FILE -- RUN NEW TASK -- ketikkan CMD untuk masuk COMMAND PROMPT kemudian hapus key yg lama, cara hapusnya ada di komentar ane yg di atas gan

      ReplyDelete
    50. @Anonymous: Nah itu masalah awalnya sebenarnya dari avast gan, avast itu belum support sama Win8, ane kecewa banget gak bisa pake avast. Agan masuk ke task managernya dulu, trus di bagian start up matikan AVASTnya, nah nanti kalo udah hidup jalankan manual dah avastnya

      ReplyDelete
    51. @Dhanu Humvee: Pake win8 gan?? Jangankan Win8, Win7 pun kalo pakai skin pack bkalan sering error, skin pack itu bukan cuma merubah tampilan saja tapi juga ngereplace atau ngeganti file *.dll yang ada di laptop kita. Nah silahkan agan unistall skin packnya trus hapus semua file yg berhubungan dg skin pack itu, baik yg di LOCAL DISK C ataupun yg ada di registry

      ReplyDelete
    52. leptop ane asus i3 nvidia...tp knp stlh instal win8 slsai....kn bisa..stlha kra2 2 jam...leptop ane gua hidupin..kok gak bis...eror...gmn cara mengatasinya gan????
      mhn pencerahannya gan

      ReplyDelete
    53. om, mau tanya, kok link download aktivatornya nggak bisa dibbuka?
      apa ada link lain om
      makasih

      ReplyDelete
    54. gan punya saya laptop toshiba c800 layar nya biru trus dekstop pindah ke bawah, menu win 8 nya ilang cuma warna biru aja di layar, tapi masih fungsi semua, ga bisa shutdown, itu kenapa ya, mohon bantuan nya ya gan ?????

      ReplyDelete
    55. artikenya bermanfaat kaa, ohiya saya izin promo nih sekalian :D

      http://www.asianbrilliant.com

      kursus komputer via online

      grosir kaos polos

      ReplyDelete
    56. Gan,abis baca postingan agan ane nemui cara gan,kalo emang black screen,saran ane agar bisa masuk ke normal stratup meniding gini aja gan,Buka task maneger(posisi saat black screen) > new task > ketik "msconfig" > pilih normal stratup ,nah itu bisa normal gan,tapi setelah restrat kembali lagi gan ke black screen,minta saran dong gan ?

      ReplyDelete
    57. thx gan....klw ente cwe dah ane cium dahhhh...
      thx thx thx

      ReplyDelete
    58. Gan q dah coba hapus password.a pakai slmgr.vbs /upk, tapi koq yang muncul kotak dialog windows script host Error. Gmana ne cara perbaikinnya?????? Please balas!!

      ReplyDelete
    59. aku dah klik ctrl+alt+del trus pencet task manager muncul tp sekejap n ilang lagi... gimana tuh gan pentin ini....... thanks.....

      ReplyDelete
    60. gan aku punya solusi laen nih,simak ya...
      pas blackscreen langsung ctrl+alt+del > Task Manager > new task > avast ui.exe,
      nanti lngsung keluar tampilan avastnya lalu pilih..=
      behavior sheild > setting > trusted processes lalu browse pilih file ini " :\Windows\ImmersiveControlPanel\SystemSettings.exe dan :\Windows\explorer.exe" kemudian tekan ctrl+alt+del > log out > lalu log in lagi dan blackscreen hilang, masalah solved tanpa harus kehilangan program.

      ReplyDelete

  • Comment

    Flag Counter

    Copyright © 2013 - Nisekoi - All Right Reserved

    HANDLER PEDIA Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan